Selasa, 17 Maret 2009

Jadwal Kampanye Amburadul, KPU Kumpulkan Parpol Rabu

Reza Yunanto - detikPemilu


Jakarta - Ketua KPU Abdul Hafidz Anshary membenarkan jika jadwal kampanye yang dikeluarkan KPU terjadi kesalahan. Untuk meredam protes parpol, KPU akan merevisi jadwal yang sudah keluar dan mengumpulkan parpol di KPU Rabu (18/3/2009)."SK 173 ada kesalahan oleh pihak pokja kampanye. Yang di-print itu ada kesalahan. Dan ini yang sudah disampaikan ke wartawan, tetapi belum disampaikan ke parpol-parpol. Besok semua parpol akan diundang untuk menyelesaikan jadwal kampanye ini," kata Hafidz usai acara sosialisasi pemilu di Hotel Ibis, Jl Wahid Hasyim, Jakarta, Selasa (18/3/2009).

Pertemuan KPU dengan parpol-parpol besok akan mensinkronkan jadwal kampanye yang tidak adil dan merata. Hal ini dimaksudkan agar pemerataan parpol dalam memperoleh jatah kampanye sama, yaitu dua kali dalam satu provinsi.

"Besok akan disinkronkan. Pertemuan ini permintaan saya langsung kepada pokja kampanye agar tidak ada perubahan-perubahan lagi. Di SK 173 itu hanya 7 sampai 8 poin saja perubahannya," papar Hafidz.

Hafidz mencontohkan amburadulnya jadwal kampanye berdasarkan SK 173 di mana PDIP hanya mendapat jatah kampanye satu kali di satu provinsi sementara PDS dapat jatah 3 kali.

"Di antaranya PDIP hanya dapat satu kali jatah kampanye sedangkan PDS dapat 3 kali jatah kampanye. Padahal ketentuannya semua parpol hanya dapat 2 kali di setiap provinsi," pungkas Hafidz.

Sebelumnya parpol-parpol seperti PDIP, PKB dan PKS memprotes langkah KPU yang tiba-tiba mengubah jadwal kampanye. Parpol-parpol ini menuding KPU sedang diintervensi oleh kekuatan politik tertentu sehingga seenaknya mengubah jadwal kampanye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar