Kamis, 19 Februari 2009

Peluncuran Buku "JEMBATAN KEBANGSAAN"


Biografi Politik Taufik Kiemas
Kamis,19 Februari 2009
di Pustakaloka Nusantara IV Gd.DPR/MPR RI

Demikianlah, T,K.(Taufiq Kiemas) merupakan jembatan antarhorizon yang menjadi titik temu dari berbagai arah mata angin. Ia menampilkan dirinya sebagai solidarity maker dan match maker dari berbagai kepingan-kepingan kekuatan kebangsaan; seorang penggerak di belakang layar yang sering kali dilupakan, meski pengalaman dan sumbangsih hidupnya terlalu berharga untuk diremehkan.
Sebuah biografi harus ditulis sebagai perjuangan ingatan melawan lupa. Ya, sebuah (fragmen) biografi dan catatan kesaksian layak ditulis sebagai penghargaan untuk dirinya: bahwa kehidupan para "penggerak" selalu meninggalkan jejak pada pasir sang waktu dan melahirkan simpatisan yang terilhami oleh dirinya.
Sebuah biografi pada hakikatnya adalah sebuah jembatan yang menghubungkan mikrokosmos pengalaman perseorangan dengan makrokosmos pengalaman kolektif. Biografi yang baik selalu memberi ruang berbagi: bagaimana kisah individual merefleksikan dan memberi cermin bagi yang lain.
Tetapi apa jadinya jika sebuah biografi berkenan dengan seorang tokoh yang dalam rentang panjang kisah hidupnya memerankan diri sebagai jembatan antarkehidupan ? Sudah pasti sebuah kisah banyak warna, banyak cermin, banyak pertautan, dan banyak spasi bagi khalayak untuk merasa menjadi bagian di dalamnya. Sebanyak ruang dan waktu yang telah di jelajahi sang tokoh dalam menyapa banyak dunia sebanyak itu pula khalayak merasa terpaut dan terpantul dalam biografi kehidupannya.
(demikian pendahuluan buku biografi Taufik Kiemas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar